Saturday, January 6, 2018

Bukti Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Menyusui

 Momen menyusui merupakan fase dimana wanita membutuhkan asupan gizi dua kali lipat dari jumlah normal. Penelitian membuktikan bahwa tidak semua wanita memahami bahwa justru setelah melahirkan, nutrisi tak boleh dibatasi hanya dengan tujuan untuk menurunkan berat badan yang melonjak selama masa hamil. Justru setelah hamil, wanita membutuhkan gizi kompleks untuk memulihkan diri dan menunjang kegiatan menyusui. Memtuhi pola makan yang sehat akan meningkatkan energi serta stamina ibu dalam menyusui. Selain itu, kualitas ASI juga bergantung pada asupan nutrisi ibu. Nah, bagi Anda yang belum memahami hal ini, berikut rekomendasi makanan untuk ibu menyusui yang wajib Anda ketahui.

Salmon Hingga Beras Merah

Tak ada satu makanan pun yang nilainya sempurna. Namun daging ikan salmon layak dijuluki makanan yang mendekati sempurna. Ia masuk ke dalam daftar rekomendasi makanan untuk ibu menyusui karena kandungannya yang kompleks. Salah satu komponen terbaik di dalamnya adalah DHA. Senyawa ini sangat baik dalam menyokong sistem saraf bayi yang sedang berkembang. Pada prinsipnya air susu ibu sudah mengandung DHA namun jika ditambah dnegan konsumsi salmon, maka jumlah DHA di dalam air susu ibu akan semakin masimal. Selain berperan dalam perkembangan otak, ternyata DHA yang terdapat dalam salmon mampu meningkatkan mood sang ibu sehingga ia lebih rileks, bahagia dan terhindar dari syndrome baby blues.

Selain salmon, susu rendah lemak juga masuk ke dalam daftar makanan yang direkomendasikan bagi ibu menyusui. Hal ini terkait dengan kebutuhan kalsium dan protein sang bayi yang harus dipenuhi. Meski demikian, ibu tetap harus berhati-hati sebab bayi bisa saja mengalami alergi jika Anda salah memilih susu. Pastikan bayi Anda tidak menolak susu sapi. Kondisi ini paling banyak terjadi. Jika iya, sebaiknya ganti dengan susu soya atau kedelai.

Makanan bagi ibu menyusui lainnya adalah daging sapi minus lemak. Komponen yang satu ini sangat baik meningkatkan energi ibu yang sedang menyusui. Selain itu, ia juga kaya akan zat besi, protein serta vitamin B-12.  Pastikan juga ibu menyusui mengkonsumsi kacang-kacangan utamanya yang memiliki warna cenderung gelap sebab kaya akan zat besi juga protein nabati. Sementara itu, asupan buah bagi ibu juga cukup penting. Konsumsilah bluberry juga jeruk secara konsisten. Keduanya merupakan sumber vitamin C yang baik menjaga daya tahan ibu selama menyusui.  Untuk kebutuhan karbohidrat yang baik, ibu menyusui bisa mengkonsumsi beras merah atau beras coklat. Ia direkomendasikan sebab karbohidratnya sangat baik dan bertahan lama di perut.

Telur Hingga Roti Gandum

Makanan Untuk Ibu Menyusui

Gandum merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Asam folat sendiri merupakan komponen yang penting dan dibutuhkan oleh bayi. Istimewanya, selain mengandung asam folat, gandum juga banyak mengandung serat dan menjauhkan ibu hamil dari konstipasi. Gandum ini bisa diperoleh dari roti gandum atau sereal gandum. Baik dikonsumsi di pagi hari saat ibu menyusui sedang sarapan.

Makanan untuk ibu menyusui lainnya adalah sayuran yang memiliki warna hijau. Sayur ini misalnya bayam, kangkung juga brokoli. Sayuran hijau kaya akan vitamin dan sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Telur juga merupakan komponen penyumbang protein yang murah. Jadi, jangan sampai ibu menyuusi melewatkan konsumsi telur. Bagian kuningnya banyak menyimpan vitamin D yang dikenal baik menjaga kesehatan tulang manusia.

Bukti Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Menyusui

Selain kulit yang putih, rambut yang lebat sering kali menjadi indikator penampilan menarik pada bayi. Bayi dengan rambut lebat sering kali tampak terlihat imut, lucu, dan menyenangkan bagi setiap yang melihatnya. Oleh karena itu tak jarang banyak orang tua yang melakukan segala cara untuk membuat bayinya memiliki rambut atau bulu yang lebat, baik saat masih dalam kandungan maupun ketika si bayi telah dilahirkan. Bagi Anda yang belum tahu apa saja cara-cara yang bisa dilakukan untuk melebatkan rambut bayi, berikut ini ibu hamil telah merangkum uraian tentang cara melebatkan rambut bayi sejak dalam kandungan. Silakan disimak!

Cara Melebatkan Rambut Bayi

Berdasarkan beberapa penelitian, cara menyuburkan rambut bayi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan asam folat. Kedua zat ini –terutama protein, merupakan zat utama yang digunakan dalam pembentukan rambut. Jika menginginkan bayi yang memiliki bulu dan rambut yang lebat, beberapa pakar ginekologi menganjurkan Anda untuk banyak mengkonsumsi makanan yang kaya protein selama kehamilan.

Cara Melebatkan Rambut Bayi
Apa saja makanan kaya protein dan asam folat yang sebaiknya dikonsumsi sebagai cara melebatkan rambut bayi?

Untuk memperoleh bayi dengan rambut dan bulu yang lebat, makanan-makanan dengan kandungan protein dan asam folat tinggi yang sebaiknya dikonsumsi sesuai rekomendasi kami antara lain:

1. Air Rebusan Kacang Hijau

Segala produk olahan kacang hijau -baik itu dalam bentuk kecambah, bubur kacang hijau, dan lainnya-, termasuk ke dalam jenis makanan yang baik untuk ibu hamil. Selain mengandung protein dan asam folat yang tinggi, olahan dari bahan pangan ini juga bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk ibu hamil.

Jika Anda menginginkan bayi dengan rambut yang lebat, olahan paling tepat dari bahan pangan satu ini adalah air rebusannya. Mengkonsumsi air rebusan kacang hijau telah diterapkan oleh banyak orang Asia Tenggara sebagai salah satu cara melebatkan rambut bayi.

2. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak yang baik dikonsumsi ibu hamil dapat diperoleh dari bagian paha ayam kampung. Daging ini bisa menjadi alternatif lauk pauk yang sempurna bagi ibu hamil, karena meski kandungan lemaknya rendah, tapi kandungan protein dan vitaminnya cukup banyak. Hal inilah yang membuat konsumsi paha ayam kampung sebagai salah satu cara melebatkan rambut bayi sejak dalam kandungan.

3. Tempe dan Tahu

Tempe dan tahu adalah sumber protein nabati yang baik bagi ibu hamil. Kedelai yang menjadi bahan bakunya memang bisa diolah menjadi beragam makanan misalnya kecap, tauco, susu kedelai, serta tahu dan tempe. Kendati begitu, saya sendiri lebih merekomendasikan untuk memilih tahu dan tempe saja terutama jika berkaitan dengan cara melebatkan rambut bayi sejak dalam kandungan.

4. Air Kelapa

Selain bisa menjadi minuman pilihan agar kulit bayi putih, air kelapa juga dipercaya dapat memacu pertumbuhan rambut bayi agar lebih lebat. Meski penelitian ilmiah terkait masalah ini belum pernah dilakukan, tapi banyak pembuktian yang dilakukan oleh para ibu hamil yang rutin mengkonsumsi air kelapa selama kehamilannya hingga memiliki anak dengan rambut yang lebat, bagi saya lebih dari cukup untuk membuat konsumsi minuman satu ini masuk dalam daftar cara melebatkan rambut bayi ini.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai cara melebatkan rambut bayi sejak dalam kandungan. Selain bisa mempengaruhi proses pembentukan rambut dan bulu, makanan yang dikonsumsi selama kehamilan juga bisa berpengaruh terhadap kecerdasan janin lho. Jika Anda tak percaya, kunjungilah artikel ini : Janin Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Bukti Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Menyusui

Trimester Kehamilan
12 3
Kehamilan Minggu ke 2
Usia Janin 2 Minggu
by 3dpregnancy.parentsconnect.com
Kehamilan minggu ke 2 dihitung dari hari pertama periode menstruasi terakhir Anda. Pada minggu ke 2 ini berisi tentang angka, karena di suatu tempat ada sekitar 140 juta hingga 500 juta sperma akan berlarian mencoba mendekati dan masuk mencapai sel telur, dan hanya sekitar 200 sperma saja yang akan mencapai ujung jalan, namun hanya akan ada 1 sel sperma saja yang akan mendapat hak gelar juara dan melanjutkan tarian di zona pembuahan.


Bayi anda.
Setelah sel telur sudah dibuahi, ia akan terpecah menjadi dua inti yang mengandung gen-gen Anda dan pasangan Anda (seperti mata cantik Ayah dan kaki besar Ibu).

Jika telur memang bertemu sperma, bayi yang tercipta akan mulai cepat membelah lagi dan lagi dan lagi. Bola kecil dari sel akan berlipat ganda dalam ukuran sekitar setiap 12 jam.


Kehamilan Minggu Ke 2Meskipun untuk sementara waktu kedepan Anda tidak akan tahu apa yang terjadi, namun jenis kelamin bayi Anda, mata nya dan warna rambut, bahkan sampai batas tertentu seperti kepribadiannya, semua sudah ditentukan pada saat Sperma saat bertemu telur, karena masing-masing pasangan, antara istri dan suami menyumbang 23 kromosom untuk membentuk manusia baru ini.
Dalam waktu tiga atau empat hari setelah pembuahan, sel telur akan mulai berubah dari sebuah bola padat sel (sebuah morula) ke dalam lapisan ratusan sel berkerumun di sekitar rongga berisi cairan, yang disebut blastocyst.


Apa yang terjadi pada sang Ibu?
Dalam waktu 2 minggu setelah konsepsi, payudara seorang wanita hamil akan mengalami sedikit perubahan untuk persiapan produksi ASI yang dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron, namun terkadang wanita kurang menyadari akan hal ini karena memang seperti pada kehamilan minggu ke 1, tanda-tanda kehamilan pada minggu ke 2 ini masih terjadi di dalam tubuh anda dan belum ada tanda secara khusus pada tubuh luar sang ibu.

Bukti Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Menyusui

metode persalinan lotus birth
Setelah era Hypnobirthing dan water birth, para ibu hamil kini juga sedang ketagihan info soal Lotus Birth. Untuk zaman sekarang proses melahirkan seperti Lotus Birth memang menjadi sangat tidak biasa, tapi dengan prinsip yang semua dikembalikan ke alam, Lotus Birth bikin ibu-ibu hamil penasaran. Lalu apakah yang dimaksud dengan Lotus Birth? Lotus birth adalah sebuah prosedur kelahiran dimana begitu bayi dilahirkan, tali pusat bayi dibiarkan tersambung dengan plasenta atau ari-ari, sampai  puput atau lepas sendiri dari badan bayi. Tujuannya adalah membiarkan plasenta menunaikan ”kewajiban” terakhirnya, yaitu membantu melepaskan tali pusat dari tubuh bayi. 

Lotus Birth, sebagai bagian dari metoda gentle birth yang akhir-akhir ini semakin populer, merupakan gerakan back to nature yang hendak mengembalikan kearifan lama dalam hidup manusia. Ketika manusia menemukan berbagai perkakas,  manusia ingin hidupnya lebih cepat,  efisien dan  efektif.  Namun teknologi kedokteran juga membawa dampak pada terganggunya harmoni kehidupan kita sebagai manusia, termasuk pada bayi yang baru saja lahir. Ketika kita mencoba untuk menghilangkan segala unsur-unsur ketidakpraktisan dan semua kerumitan, maka secara tidak sadar kita telah kehilangan manfaat yang tersembunyi di balik suatu peristiwa alamiah. Ketika tali pusat bayi digunting ketika bayi dilahirkan, maka kita membuat bayi kehilangan manfaat plasenta pada awal masa-masa kehidupannya di dunia.

Pemotongan tali pusat bayi sangatlah tidak dianjurkan pada proses kelahiran lotus birth, hal ini karena pemotongan bagian tubuh akan dapat menimbulkan perlukaan. Sebagai akibat terhadap adanya luka, maka tubuh akan melakukan proses peradangan guna menyembuhkan luka. Darah akan dipompa lebih banyak ke daerah  yang mengalami luka, sehingga daerah  itu  ”berdenyut” dan  menimbulkan rasa tidak nyaman. Itu pula yang akan terjadi saat tali pusat bayi dipotong. Bagian abdomen bayi mengalami perlukaan, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman ketika  luka ”berdenyut”.

Sangat penting untuk diketahui bahwa Lotus Birth tidak mungkin untuk dilakukan jika tali pusat bayi pendek, bayi mengalami asfiksia berat,  hasil dari tes`APGAR bayi sangat rendah dan pada kasus retensio plasenta atau plasenta tidak kunjung lepas dari dinding rahim.  Tetap dapat ditempuh pada bayi dengan kelahiran prematur, pada bayi yang dilahirkan secara operasi caesar dan sesudah prosedur pengambilan darah tali pusat untuk dapat disimpan di bank darah tali pusat.


Fungsi Plasenta


Ketika plasenta baru saja dilahirkan -sesaat setelah bayi lahir- organ itu sebenarnya masih menyalurkan darah yang kaya nutrisi dan zat-zat mineral (ureum, natrium, iron dan sebagainya), serta oksigen kepada bayi. 

Namun, proses pemotongan tali pusat akan ”memutus” penyaluran darah dan oksigen tersebut, sehingga bayi akan kehilangan kesempatan untuk mendapat sekitar 30 mililiter darah dari plasenta, yang nutrisinya sebanding dengan 600 mililiter darah orang dewasa. Dengan metode Lotus Birth sendiri menjamin peluang bayi untuk mendapatkan asupan darah dan oksigen dari plasenta.


Perawatan Plasenta


Saat bayi mandi, sebisa mungkin plasenta harus ikut dibersihkan,  setelah itu dikeringkan dengan cara ditekan-tekan lembut menggunakan handuk. Plasenta disimpan kembali di waskom dengan ditaburi garam laut/garam kristal dan dibubuhi minyak aromaterapi, untuk mencegah bau. Aromaterapi yang dipilih biasanya lavender, sebab dapat bersifat menenangkan dan dapat berfungsi sebagai anti serangga. Lotus birth diyakini mempercepat lepasnya tali pusat bayi. 

Manfaat Lotus Birth Bagi Bayi
  • Salah satunya yang telah dijelaskan dalam sebuah riset medis adalah  perilaku bayi-bayi yang menjalani Lotus Birth lebih tenang, tidur lebih nyenyak dan dapat mengisap ASI dengan lebih baik  dibanding bayi-bayi yang tali pusatnya digunting. Kemungkinan hal itu disebabkan karena bayi yang menjalani Lotus Birth tidak mengalami luka yang ”berdenyut” dan dapat mengganggu dirinya.
  • Proses persalinan merupakan fase transisi yang sangat penting dalam hidup bayi. Pada saat momen persalinan, dalam sekejap lingkungan hidup bayi berubah, dari rahim ke dunia luar. Lotus Birth dapat meminimalkan  trauma pada fase transisi itu. Dengan tetap terhubung dengan plasenta dan tali pusatnya (tidak buru-buru direnggut dan dipisahkan) diyakini akan  membuat bayi dapat menjalani awal kehidupannya di dunia dengan lebih relaks dan tenang, tanpa ada rasa gamang akibat dari ”kehilangan” dan  ”perpisahan” yang sangat mendadak dengan penyokong hidupnya di dalam rahim ibu hamil.  Dengan begitu maka diharapkan suasana hati bayi yang lebih baik  akan dapat mendukung  proses bonding antara bayi dengan ibu dan keluarganya.

No comments:

Post a Comment