Friday, January 5, 2018

Bukti Penuhi Asupan Nutrisi Untuk Ibu Menyusui

nutrisi untuk ibu menyusui
ASI atau air susu ibu merupakan komponen penting dalam kehidupan manusia. Pemberian ASI telah diakomodir oleh hukum oleh sebab nilai urgensinya. Tak hanya berperan sebagai pemasok gizi bagi bayi, ASI juga terbukti mengurangi angka kematian bayi yang berusia di bawah 28 hari. Kualitas dan volume ASI banyak bergantung pada asupan nutrisi sang ibu. Maka itu, pemahaman membatasi makanan setelah melahirkan untuk menurunkan berat badan adalah salah. Justru setelah melahirkan, nutrisi untuk ibu menyusui harus diperhatikan lebih intens lagi sebab ia berpengaruh dignifikan pada perkembangan bayi yang baru saja dilahirkan.

Menurut ahli gizi, ibu dengan asupan nutrisi baik bisa memberikan ASI sebanyak 600 ml di bulan pertama . Sementara itu merangkan pada bulan ketiga, jumlah volume tersebut memingkat antara 700 sampai 750 ml. Volume ASI ini dipengaruhi oleh kualitas gizi yang dikonsumsi oleh ibu. Kerena itu, penting untuk menjaga dan megontrol gizi tersebut. Apa dan bagaimana sebenarnya  gizi itu? Secara teoritis, yang dimaksudkan gizi adalah bahan dasar yang merupakan penyusun bahan makanan. Nilai gizi diperoleh setelah makanan yang kita konsumsi dicerna dalam tubuh. Zat gizi sendiri mencakup lima unsur antara lain protein, karbohidrat, mineral, lemak dan juga vitamin. Gizi ini memiliki manfaat sebagai penyokong energi, pertumbuhan badan serta pemeliharaan kesehatan. Bagi ibu menyusui, gizi juga berperan dalam produksi ASI.

Pemenuhan nutrisi untuk ibu menyusui sangat penting. Kebutuhan akan kalori per hari idealnya 500kkal agar ASI berproduksi dengan baik. Cara untuk mengetahui apakah kalori si ibu sudah tepat adalah dengan menimbang berat badan. Jika terjadi penurunan berat menjapai angka atau lebih dari 0,9 kilogram tiap minggu (3 minggu pertama setelah bayi lahir) maka sang ibu bisa dipastikan kekurangan kalori. Hal ini tentu akan berpengaruh pada produksi ASI sebab kalori merupakan energi yang dibakar unruk menghasilkan ASI.

Gizi lainnya yang harus dipenuhi oleh ibu yang menyusui adalah protein. Komponen ini dibutuhkan untuk meningkatkan ASI. Selama menyusui, ibu membutuhkan porsi protein tiga kali lipat. Kadar protein ini selanjurnya akan ditransver ibu melalui ASI ke bayi. Jika ibu kekurangan protein maka ia akan kehilangan protein dalam tubuh pun zat gizi lain untuk mempertahankan kualitas juga mutu ASI. Sementara itu, komponen gizi lainnya yakni vitamin juga tak kalah pentingnya sebab pemenuhan vitamin akan menaikkan jumlah vitamin yang terkandung di dalam ASI. Vitamin sangat baik bagi bayi sebab bisa mengoptimalkan kekebalan tubuh. Adapun mineral seperti kalsium juga memegang peranan yang penting. Bayi membutuhkan kalsium yang didperoleh dari ASI sebab tulangnya sedang tumbuh. Karena itu, konsumsi ibu terhadap kalsium harus ditingkatkan.

Larangan terhadap ibu yang menjalankan diet setelah melahirkan harus dihapuskan. Sebab nutrisi untuk ibu menyusui masih bagian dari rangkaian kebutuhan bayi. Sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan sehat seperti salmon, kacang-kacangan, daging rendah lemak, buah segar dan sayuran. Untuk menghindari kegemukan, sumber karbohidrat bisa diperoleh dari gandum yang kaya serat atau mengganti beras putih dengan merah atau coklat.

Bukti Penuhi Asupan Nutrisi Untuk Ibu Menyusui

Beberapa waktu lalu saat masih bulan Ramadhan, dalam satu hari saya mendapat 4 pasien ibu hamil yang sama-sama mengeluhkan rasa sakit gigi yang mereka derita. Saya pun kaget, fenomena apa sebetulnya yang sedang saya temukan ini. Mereka meminta saya meresepkan obat sakit gigi untuk ibu hamil agar ibadah puasanya tidak terganggu. Menyadari bahwa mungkin tak sedikit ibu hamil yang mengalami hal serupa mereka, saya kemudian memutuskan untuk menuliskan resep obat sakit gigi untuk ibu hamil tersebut dalam blog kehamilan ini. Silakan disimak!

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil

Tahukah Anda jika ibu hamil rupanya adalah orang yang paling rentan mengalami sakit gigi? Ya, begitulah adanya. Hormon kehamilan seperti estrogen dan progesteron ternyata bukan hanya membuat ibu hamil sering mengalami mual saat hamil muda, melainkan juga bisa membuat gusi jadi lebih sensitif dan menyebabkan gigi ibu hamil menjadi mudah sakit.

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil


Untuk mengobati sakit gigi pada ibu hamil, penanganannya harus dilakukan dengan ekstra hati-hati, mengingat tidak semua obat sakit gigi bisa dikonsumsi dan aman untuk ibu hamil. Obat sakit gigi yang dianggap aman untuk ibu hamil adalah obat yang tidak berefek samping pada janin dan kandungan. Obat semacam ini antara lain seperti dijabarkan di bawah ini.

1. Obat Pereda Nyeri

Ada banyak obat pereda nyeri yang dapat kita temukan di apotek, namun tidak semuanya bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Banyak di antaranya bisa berdampak buruk pada tahapan perkembangan janin.

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil
Seperti dikutip dari situs Babycenter.co.uk, satu-satunya pereda nyeri yang aman dan bisa menjadi pilihan adalah paracetamol. Paracetamol untuk ibu hamil cenderung aman dan tidak menimbulkan masalah. Kendati demikian, sebaiknya Anda tetap mengkonsultasikan konsumsi obat ini pada dokter Anda untuk lebih memastikan keamanannya.

2. Obat Luar

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil
Penggunaan obat luar yang langsung diaplikasikan ke gigi seperti obat yang mengandung benzocaine dan minyak cengkeh umumnya juga cukup efektif mengatasi masalah sakit gigi yang Anda alami. Obat semacam ini hanya bekerja secara lokal, jadi pasti aman digunakan selama kehamilan.

Beberapa alternatif bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat luar pada sakit gigi misalnya bawang putih, minyak cengkeh, getah patah tulang, merica, dan minyak kayu putih. Penggunaannya cukup diolehkan pada bagian gigi yang sakit secara langsung atau dengan bantuan kapas.

Tips : Ibu saya sering mengobati sakit gigi menggunakan bubuk Puyer Bintang Toedjoeh yang dibalur dengan kapas. Baluran tersebut kemudian dimasukan ke dalam gigi berlubangnya yang sakit dan tak berselang lama rasa sakitnya jadi reda.

3. Kompres dengan Es

Selain menggunakan 2 pilihan obat sakit gigi untuk ibu hamil di atas, Anda juga dapat melakukan terapi sendiri untuk meredakan rasa sakit yang berdenyut-denyut di gigi dan gusi. Caranya cukup mudah, tinggal siapkan kain dan es batu, kemudian kompres pipi Anda hingga secara perlahan rasa sakit akan teralihkan menjadi rasa dingin.

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil
Yang perlu diingat! Jangan letakan es batu bersentuhan langsung ke gigi dan gusi Anda. Hal ini justru bisa membuat gigi Anda semakin sakit karena pulpa yang meradang akan menjadi sensitif terhadap perubahan suhu yang sangat drastis. [Baca : Bahaya Mengkonsumsi Es saat Hamil ? Cuma Mitos!]
Bahaya Mengkonsumsi Es saat Hamil ? Cuma Mitos!!

Sumber: http://pantangan-hamil-muda.blogspot.com/p/sitemap.html
Disalin dari Ibu-Hamil.web.id, Blog Ibu Hamil Indonesia.
Bahaya Mengkonsumsi Es saat Hamil ? Cuma Mitos!!

Sumber: http://pantangan-hamil-muda.blogspot.com/p/sitemap.html
Disalin dari Ibu-Hamil.web.id, Blog Ibu Hamil Indonesia.

4. Berkumur Dengan Air Garam

Obat sakit gigi untuk ibu hamil di atas juga dapat dikombinasikan dengan penggunaan larutan air garam hangat untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari setiap 30 menit setelah makan agar sakit gigi yang Anda alami tidak menyebabkan gusi menjadi bengkak.

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil
Info : Garam adalah bahan anti peradangan (antiinflamasi) alami terbaik yang disediakan oleh alam.
Nah, itulah beberapa obat sakit gigi untuk ibu hamil yang dapat Anda coba. Daripada mengkonsumsi obat-obatan yang belum jelas keamanannya bagi janin Anda, lebih baik coba praktikan teknik pengobatan yang saya jelaskan ini. Semoga lekas sembuh.

Bukti Penuhi Asupan Nutrisi Untuk Ibu Menyusui

Trimester Kehamilan
12 3
Kehamilan Minggu Ke 7
Kehamilan 7 Minggu
by 3dpregnancy.parentsconnect.com
Apa yang terjadi pada bayi anda pada kehamilan minggu ke 7 ini?

Kehamilan Minggu Ke 7 ini
otak bayi Anda sedang dalam tahap tumbuh dan berkembang. Jika Anda bisa mengintip ke dalam perut anda, Anda akan melihat sel-sel otak kecil tumbuh dan berkembang dan tumbuh dengan cepat.

Wajah bayi Anda menjadi lebih didefinisikan. Sebuah lubang mulut kecil, Lidah, hidung dan lekukan telinga sudah mulai terlihat. Mata nya terbuka lebar, tetapi ia belum memiliki iris yaitu bagian mata yang berwarna.

Fase kehamilan anda telah sampai dimana Ujung lengan bayi sedang tumbuh. Ujung kaki bayi juga mulai terb
Kehamilan Minggu Ke 7entuk dan akan terlihat seperti dayung kecil pada akhir minggu ke 7 ini.

Tali pusar yang menghubungkan antara bayi dan plasenta sekarang sudah terlihat jelas.

Bayi Anda sekarang berukuran antara 1 dan 1,25 cm seperti panjang permen Tic Tac dengan bobot seperti berat bulu mata.

Bagaimana dengan tubuh sang Ibu?

Anda mungkin akan merasa sangat lelah pada periode kehamilan minggu ke 7 ini, dengan kondisi seperti ini anda seharusnya mengkonsumsi dua kali lipat makanan dari yang biasa anda makan, namun nafsu makan anda sangat rendah, sehingga anda akan mengalami morning sickness.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi morning sickness ini antara lain adalah:

Ada beberapa trik yang biasa wanita hamil lakukan untuk membantu mengurangi mual akibat morning sickness yaitu dengan mengisap tetes lemon atau permen.

Terkadang makanan tertentu dapat membantu meringankan gejala morning sickness. Juga, memberi pengertian kepada pasangan Anda untuk mengerti segala sesuatu yang akan terjadi ketika banyak perempuan dalam pergolakan dan merasa mual, mintalah dukungan atau hiburan dari suami anda.

Bahkan jika Anda mengalami muntah dengan frekuensi sering, cobalah untuk tetap tenang, karena bayi anda membutuhkan makanan yang sangat sedikit ini awal kehamilan.

Apa yang perlu ibu persiapkan di periode kehamilan minggu ke 7 ini?
Mulailah untuk membentuk rencana tentang cara untuk memberitahu atasan Anda bahwa Anda sedang hamil. ( Beritahu atasan Anda sebelum kehamilan anda tersebar melalui gosip kantor)

cobalah sharing dengan teman-teman anda yang bekerja dan sudah pernah hamil, sehingga Anda tahu manfaat dan hak-hak hukum sebagai karyawan hamil.

Bukti Penuhi Asupan Nutrisi Untuk Ibu Menyusui

Perawatan Spa Yang Aman Untuk Ibu Hamil
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai perawatan spa yang aman untuk Ibu hamil. Dipijat sambil mendengarkan musik lembut dan menghirup aromaterapi sungguh membuat Ibu hamil merasa nyaman dan relaks.

Ya, perawatan spa untuk ibu hamil, mengapa tidak? Perasaan relaks, segar dan berenergi setelah melakukan perawatan spa membuat Ibu hamil ketagihan untuk mengulanginya lagi. Jika kondisi Ibu sehat dan tidak ada keluhan selama hamil, perawatan spa untuk Ibu hamil boleh dilakukan selama trimester pertama. Namun, bila kehamilan Ibu berada dalam kondisi khusus, seperti : melalui bayi tabung atau sejenisnya, maka lebih disarankan melakukan perawatan spa setelah kehamilan memasuki trimester kedua.

Untuk amannya, memang lebih baik bila perawatan spa untuk Ibu hamil dilakukan di trimester kedua karena umumnya Ibu hamil sudah bisa beradaptasi dengan beraneka perubahan yang terjadi pada fisik dan emosinya akibat kehamilan. Namun, yang terbaik tentulah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, kapan Ibu boleh menjalani perawatan spa. 


Perawatan Spa Khusus Untuk Ibu Hamil


Sebaiknya pilih spa yang memang dikhususkan untuk Ibu hamil. Terapis di spa khusus Ibu hamil biasanya telah memperoleh sertifikat pelatihan dari institusi atau asosiasi terapis spa khusus Ibu hamil.

Selain itu, perawatan spa untuk Ibu hamil memiliki prosedur dan standar perawatan yang diaplikasikan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Ibu hamil. Pertama-tama terapis akan mengukur tekanan darah Ibu. Sebelumnya Ibu diminta bersitirahat dahulu selama 5-10 menit baru ditimbang dan diukur tekanan darahnya. Bila tekanan darahnya tinggi, Ibu diminta beristirahat kembali selama 15 menit sambil menikmati minuman segar. Setelah itu, tekanan darah akan diukur kembali. Jika masih tinggi juga, Ibu tidak disarankan menjalani perawatan spa karena dapat berdampak pada janin dalam kandungan.

Spa khusus Ibu hamil juga memperhatikan produk perawatan yang digunakan. Kendati demikian, sebaiknya Ibu juga tetap memperhatikan faktor keamanan produk perawatan tersebut demi kebaikan Ibu dan si buah hati dalam kandungan. Pastikan spa yang Ibu pilih menggunakan produk perawatan organik yang aman bagi Ibu hamil. Konsultasikan dahulu dengan dokter bila Ibu ingin menggunakan minyak esensial atau aromaterapi di luar yang umum dipakai bagi Ibu hamil.


Jenis Perawatan Spa Untuk Ibu Hamil


cara spa ibu hamil
Berikut ini sedikit gambaran perawatan spa yang dapat dilakukan Ibu hamil :

Pijat

Penelitain menunjukkan, pemijatan saat hamil dapat mengurangi stres, rasa pegal dan nyeri pada otot serta persendian, hingga menurunkan risiko depresi. Dengan pemijatan, hormon pencetus stres seperti kortisol dan norepinefrin menurun, sementara hormon dopamin dan serotonin meningkat. Rendahnya jumlah hormon dopamin dan serotonin berhubungan dengan depresi. Selain itu, pijat pun berfungsi melancarkan peredaran darah. Bila dilakukan sejak awal kehamilan, perawatan ini dapat mencegah stretchmark dan pembengkakan kaki pada Ibu hamil.

Sebelum melakukan pemijatan, komunikasikan dengan terapis yang bersangkutan mengenai umur dan kondisi kehamilan Ibu. Terapis yang bersertifikat dan dilatih khusus memijat Ibu hamil akan tahu bagian tubuh mana saja yang tidak boleh dipijat atau mendapat tekanan. Bagian tubuh yang tidak boleh dipijat saat hamil, antara lain : payudara, perut dan telapak kaki. Telapak kaki dihindari karena merupakan tempat berkumpulnya saraf. Terapis akan lebih berkonsentrasi pada bahu, pundak, bokong dan betis yang biasanya menjadi sumber rasa pegal Ibu hamil.

Dalam menjalani pemijatan, Ibu juga harus memperhatikan minyak esensial yang digunakan. Mintalah terapis menggunakan jenis minyak esensial yang aman bagi kandungan, seperti : grapeseed oil dan jojoba oil.

Di atas kehamilan lima bulan, Ibu tidak disarankan berbaring telentang. Pada trimester kedua ini, bobot janin telah bertambah sehingga posisi telentang akan menekan pembuluh darah yang mengalirkan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Akibatnya, tekanan darah Ibu dapat menurun dan aliran darah ke janin juga dapat berkurang. Karena itu, umumnya spa khusus Ibu hamil akan meminta Ibu berbaring menyamping saat menjalani pemijatan. Terapis akan meletakkan sejumlah bantal dan guling kecil di sekitar perut, punggung dan kaki Ibu untuk menyangga tubuh senyaman mungkin.


Pijat Wajah

Jenis perawatan spa untuk ibu hamil ini termasuk yang banyak diminati Ibu hamil. Titik-titk saraf pada wajah akan dipijat dengan lembut sehingga memberikan efek menenangkan. Saking relaksnya, banyak Ibu hamil tertidur saat melakukan perawatan ini. Teknik pemijatan berfungsi mengendurkan saraf yang tegang karena stres atau cemas. Apalagi jika selama pemijatan ditambah menggunakan aromaterapi lavender. Menghirup aroma lavender dapat berfungsi mengurangi rasa sakit kepala.


Scrub

Saat hamil, kulit akan cenderung lebih kering. Nah, dengan melakukan scrub, sel-sel kulit mata dapat dibuang sehingga kulit menjadi lebih halus dan cerah. Bercak-bercak hitam pada kulit yang kerap muncul saat hamil pun dapat lebih disamarkan dengan melakukan perawatan ini.

Selain cenderung lebih kering, kulit pada saat hamil juga menjadi lebih sensitif. Terapis yang terlatih di spa khusus Ibu hamil akan melakukan teknik scrubbing dengan lembut. Madu, susu, oatmeal dan strawberry merupakan bahan scrub yang biasa digunakan dalam perawatan scrub bagi Ibu hamil karena relatif aman bagi kulit sensitif. Bila Ibu memiliki bakat alergi, mintalah terapis mengoleskan dahulu sedikit bahan scrub pada kulit untuk melihat reaksinya. Jika setelah 10 menit tidak ada reaksi pada kulit, artinya produk tersebut aman digunakan oleh Ibu.


Masker Tubuh

Prinsipnya sama dengan scrub, bedanya terletak pada penggunaan masker yang didiamkan selama beberapa saat pada kulit tubuh. Selain melembabkan dan mencerahkan kulit, jenis perawatan spa untuk Ibu hamil ini bermanfaat mengencangkan kulit tubuh karena dapat mengecilkan pori-pori kulit. Meski demikian, karena ketidakseimbangan hormon pada saat hamil, pengecilan pori-pori kulit mungkin tidak akan semaksimal yang biasa dirasakan sebelum hamil.

Nah, itu beberapa perawatan spa yang boleh untuk Ibu hamil. Namun ingat ya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Ibu. Selamat menikmati perawatan spa!




No comments:

Post a Comment