Saturday, January 6, 2018

Bukti Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi
Bukan hal yang baru, ada sebgian besar orang yang begitu menyukai kopi. Serupa candu, jika kopi tak dikonsumsi maka akan membuat seseorang gelisah dan selalu merasa ada yang kurang. Jika Anda termasuk di dalamnya dan sedang dalam kondisi menyusui, sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi sebab pengaruhnya bisa dirasakan oleh bayi yang Anda sedang susui. bahkan bagi sebagian orang, kopi dimasukkan ke dalam pantangan keras bagi ibu hamil pun menyusui. Bagaimana sebenarnya dunia medis memandang kecenderungan ibu menyusui minum kopi? Berbahayakah?

Berdasarkan penelitian lanjutan beberapa ahli, ditemukan fakta bahwa ibu menyusui minum kopi bukanlah hal yang haram atau sama sekali tidak diperbolehkan. Asalkan tidak dalam jumlah yang berlebih maka konsumsi kopi tentu diperbolehkan.  seorang dokter dari Departemen Pediatrics Univeristy of Rochester di New York Amerika Serikat menyatakan bahwa sistem metabolisme bayi yang baru dilahirkan belumlah siap atau mampu untuk mencerna sejumlah komponen semisal kafein yang ditemukan di dalam kopi. Sistem metabolisme bayi baru akan siap di usia 3 sampai 4 bulan. Jadi jauh lebih baik jika ibu menyusui membatasi asupan makanan atau minuman yang menjadi sumber kefein hingga bayi siap. Bagi ibu yang menjalankan ASI eksklusif selama 6 bulan sebaiknya tetap membatasi kopi hingga pemberian air susu ibu secara eksklusif selesai dilaksanakan.

Mengenai takaran kopi, konsumsi dua gelas setiap hari tidak akan berpengaruh signifikan pada bayi. Namun jika angka konsumsi kopi per hari telah mencapai 6 gelas, ibu patut waspada. Sebab akumulasi kafein pada kopi yang dikonsumsi akan mengakibatkan sejumlah efek buruk bagi bayi. Jika Anda mendapati bayi selalu terjaga dan susah tidur, sering demam, mata sering terbuka lebar, terlihat lemah dan cenderung rewel, boleh jadi hal tersebut merupakan pengaruh konsumsi kafein sang ibu yang berlebihan. Karena itu, bijaklah menakar jumlah kopi yang Anda konsumsi per hari. Ingat, mesi bagaimanapun  kafein memang  tak baik untuk bayi!

Hal lain yang wajib ibu cermati adalah bahwa sumber kafein bukan hanya kopi. Ada banyak komponen makanan pun minuman yang mengandung kafein di antaranya minuman kola, obat pereda demam juga nyeri, coklat, minuman ringan, minuman penambah energi dan bahkan juga teh. Akumulasi kafein dalam tubuh ibu akan ditransfer pada bayi melalui ASI. Karena itu, bagi ibu menyusui yang minum kopi harus mcermati makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari kombinasi seperti coklat dan kopi sebab keduanya akan menyumbangkan sejumlah kefein ke tubuh ibu. Jauh lebih baik jika ibu menyusui yang memang tak bisa jauh dari kopi banyak mengkonsumsi air putih, buah dan sayuran hijau agar gizi selalu seimbang. 

Bukti Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Kondisi kekebalan tubuh bayi yang rentan memungkinkan mudahnya terjadi infeksi bakteri, virus, dan jamur penyebab berbagai penyakit. Salah satu infeksi yang cukup sering terjadi adalah infeksi pada mata. Menyadari bahwa mata merupakan organ sangat penting dalam kehidupan, infeksi atau sakit mata pada bayi nampaknya sangat perlu untuk mendapat perhatian serius. Kita dituntut berhati-hati dalam bertindak. Sakit mata pada bayi tak bisa dianggap sepele, oleh karena itu, perhatikanlah uraian tim pakar pantangan-hamil-muda.blogspot.com terkait sakit mata pada bayi berikut ini.

Penyebab Sakit Mata pada Bayi

Sakit Mata pada Bayi? Ini Cara Mengatasinya!

Hidup tanpa mata yang tak bisa berfungsi tentu tak bisa dibayangkan. Dunia gelap dan tak ada apapun yang bisa dilihat. Kesehatan mata adalah modal awal yang sangat besar dalam menjalani kehidupan, oleh karena itu, kesehatan dari indera penglihatan ini tentu harus kita jaga semenjak usia bayi dan balita hingga usia lanjut. Nah, terkait dengan kesehatan mata bayi, perlu diketahui bahwa selain faktor kekebalan tubuh yang masih lemah, sakit mata pada bayi dapat terjadi karena disebabkan beberapa hal seperti adanya kebiasaan bayi yang sering menyentuh daerah di sekitar mata setelah menyentuh benda-benda kotor yang ada di sekelilingnya, masuknya debu atau bakteri secara tak sengaja, paparan radiasi alat elektronik, dan kurang asupan vitamin A.

Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Bayi

Seperti dijelaskan dalam situs kesehatan Webmd, cara mengatasi sakit mata pada bayi dapat dilakukan dengan tindakan preventif menjaga kebersihan bayi dan lingkungan di sekitarnya. Adapun mengganti sarung tangan bayi secara berkala adalah salah satu yang menjadi prioritas dalam hal ini.

1. Hilangan Sumbatan Kelenjar Air Mata

Mata bayi belekan yang terjadi secara normal akan menyebabkan penyumbatan saluran air mata. Selain dengan membersihkannya menggunakan kapas dan air hangat, lakukan juga pemijatan area lingkat mata pangkal hidung, seperti yang dijelaskan pada artikel Cara Mengatasi Mata Belekan Pada Bayi.

2. Hindarkan Kontak Debu dengan Matanya

Menghindarkan bayi dari kontak debu diluar rumah juga sangat penting saat si bayi diajak bepergian. Tutupi bagian wajahnya dengan kain bersih saat ia diajak naik motor atau berjalan kaki. Serangan debu kadang tidak dapat diduga-duga, oleh karenanya Anda harus tetap waspada.

3. Teteskan Air Susu pada Mata Bayi yang Sakit

Selain dengan tindakan tersebut, banyak ibu-ibu Jawa mengatasi sakit mata pada bayinya dengan meneteskan air susunya ke mata si bayi secara berkala 3 kali sehari hingga kemerahan pada putih matanya menjadi kembali putih.

Nah, itulah cara mengatasi sakit mata pada bayi. Semoga cara-cara tersebut bisa mengatasi keluhan pada organ vital bayi Anda. Jika sakit terus berlanjut, segera hubungi dokter.

Bukti Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Trimester Kehamilan
12 3
Kehamilan MInggu Ke 5
Usia janin 5 MInggu
by 3dpregnancy.parentsconnect.com
Kalender kehamilan menunjukkan minggu ke 5, ini berarti anda sudah melewati 1 bulan kehamilan, trus apa saja sih yang terjadi di lima minggu kehamilan ini?

Pada sang bayi.

Yang saya atau dari beberapa sumber, pada minggu ke 5 ini, jantung mikroskopis bayi mulai berdetak, meskipun hal ini tidak akan terdeteksi dengan salah satu Dopplers selama beberapa minggu, sehingga sang ibu ataupun suami anda harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendengar suara deguban jantung di perut ibu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sedang terjadi pada tubuh bayi mungil anda:

Kehamilan MInggu Ke 5Dengan detak jantung, darah akan mulai beredar ke seluruh tubuh. Sistem organ pertama bayi Anda akan berdiri dan berjalan!

Berawal dari otak, kemudian akan mengkoordinasi pertumbuhan jantung, saraf dan sistem reproduksi, serta semua sistem utama lain.

Bayi baru sedang membangun jaringan ketuban dan plasenta, Semua hal tersebut berlangsung dengan sangat cepat dan bayi Anda hanya berukuran 2 milimeter seperti panjang seukuran biji wijen (coba bayangkan anda sedang makan onde-onde, biji wijen adalah bayi anda, kecil sekali bukan?).

Bagaimana dengan sang Ibu?

Pada kehamilan minggu ke 5 ini, sekarang adalah waktunya untuk memprioritaskan terhadap makanan yang bergizi tinggi, karena Wanita hamil rata-rata membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra setiap harinya.

Sebuah perencanaan makanan menu yang bergizi perlu dipikirkan untuk memenuhi kebutuhan bayi terlebih dahulu, sehingga ada beberapa menu yang mungkin harus anda konsumsi setiap harinya seperti sayuran, buah-buahan untuk mendapatkan kalori extra tersebut.

Apa yang dapat anda lakukan pada kehamilan minggu ke 5?

Saat ini adalah saat yang mengesankan, karena pertumbuhan perut anda akan berlangsung dan menjadi semakin besar tiap minggunya, jadi jika anda memiliki kamera, ambilah foto perut anda dan beberapa bulan kemudian anda tidak akan percaya bahwa perut anda mengalami pertumbuhan yang menakjubkan, cobalah karena saya sendiri telah membuktikannya, dan hampir tak percaya bahwa perut yang tadinya sangat kecil dalam 4 bulan saja sudah terlihat berbeda, sangat indah.

Mulailah buat daftar atau list barang yang ingin anda miliki, karena di bulan-bulan berikutnya, anda akan membutuhkan waktu yang banyak untuk mengumpulkan semua barang untuk keperluan anda dan bayi anda. kehamilan minggu ke 5 adalah momentum anda sebagai seorang ibu.

Bukti Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Proses Episiotomi Selama Persalinan
Berbicara mengenai Episiotomi sering membuat banyak Ibu hamil merasa takut duluan. Pengertian Episiotomi adalah tindakan pengguntingan kulit serta otot dengan gunting episiotomi, antara vagina dan anus pada persalinan normal dengan tujuan melebarkan jalan lahir. Namun sebenarnya, tindakan ini memiliki banyak manfaat yang akan membuat persalinan Ibu lebih lancar.

Saat pembukaan telah lengkap, kepala bayi mulai tampak, dan Ibu diharuskan mengejan, saat itulah bayi melakukan gerakan memutar atau rotasi untuk bisa keluar. Gerakan tersebut ternyata berpotensi merobek kulit dan otot di sekitar jalan lahir yang pada saat itu meregang. Bila tidak ditangani dengan tepat, robekan bisa menjadi lebih luas dan masa pemulihan tentu jadi lebih lama.

Tindakan episiotomi dilakukan bila otot sekitar jalan lahir terlihat sangat regang. Seorang dokter profesional akan mengguntingnya untuk membuat robekan lebih “bagus”. Bila Ibu bertanya, apakah tindakan episiotomi sakit? Rasa sakit dari tindakan atau cara episiotomi akan tertutupi oleh rasa mulas saat bayi akan keluar dan pada saat mengejan. Sehingga sebenarnya, Ibu tidak akan terlalu merasakan saat tindakan ini dilakukan.

Walau begitu, tidak semua persalinan normal membutuhkan tindakan episiotomi. Misalnya, saat bayi Ibu berukuran kecil dan peregangan otot pada jalan lahir terlihat cukup elastis serta mampu meregang dengan luas, episiotomi bisa saja tidak dilakukan. Begitu juga untuk kelahiran kedua dan seterusnya, bukan tidak mungkin kulit dan otot di jalan lahir akan lebih mudah meregang sehingga tidak perlu dilakukan episiotomi.



Manfaat Tindakan Episiotomi



Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari suatu tindakan medis Episiotomi :
  • Mengurangi risiko robekan yang lebih luas.
  • Luka Episiotomi yang sedikit akan membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat.
  • Memperluas jalan lahir agar bayi dapat lebih mudah keluar panggung, terlebih bila bayi berukuran lebih besar.
  • Mengurangi risiko Ibu kekurangan darah yang disebabkan oleh luka. Semakin besar luka, darah yang dikeluarkan tentu semakin banyak.



Tindakan Episiotomi Tidak Terasa Sakit



Bisa dibilang, tindakan episiotomi merupakan tindakan spontan yang dilakukan oleh dokter. Tindakan tersebut baru akan atau tidak dilakukan setelah dokter menganalisa kondisi otot di sekitar jalan lahir pada saat persalinan.

Dengan demikian, tidak ada tindakan khusus yang bisa dilakukan untuk mencegah dilakukannya tindakan episiotomi. Semua bergantung pada kondisi kulit maupun otot-otot di jalan lahir saat proses persalinan berlangsung. Latihan senam hamil, senam kegel, dan gerakan lainnya lebih berfungsi untuk meng-elastis-kan otot panggul agar kepala bayi lebih mudah masuk ke jalan lahir sehingga proses persalinan menjadi lebih lancar.

Daripada terlalu memikirkan tindakan episiotomi, lebih baik Ibu hamil memperhatikan proses pemulihan luka bekas guntingan. Beberapa Ibu hamil mengaku tidak merasakan sakit saat proses penjahitan luka dilakukan, namun sebagian lagi berkata sebaliknya. Tetapi tenang saja, sebab biasanya sebelum tindakan penjahitan tersebut dilakukan, dokter akan melakukan anestasi atau bius lokal terlebih dahulu.

Hal lain yang terbilang ampuh untuk mengalihkan perhatian Ibu dari rasa nyeri ialah IMD (Inisiasi Menyusu Dini). Kebahagiaan bisa  memeluk langsung sang buah hati yang telah dikandung selama 9 bulan bisa menjadi obat anestesi yang paling ampuh. Ibu bisa membicarakan keinginan IMD kepada dokter sebelum proses persalinan dimulai, agar para tenaga medis bisa mempersiapkannya dengan lebih matang.


No comments:

Post a Comment