Thursday, January 4, 2018

Bukti Beragam Khasiat Rumput Fatimah

Pernah mendengar tanaman bernama Rumput Fatimah (kadang ditulis Patimah)? Tanaman yang berasal dari dataran Arab ini dikenal dalam konteks ilmiah dengan nama latin Labisa Pumila. Sementara itu dalam bahasa Arab, ia dinamakan Kaf Mariyam yang berarti telapak tangan Mariyam. Rumput Fatimah sangat populer di negeri asalnya. Ia bahkan disebut sebagai tumbuhan sahabat wanita. Berkat kepopulerannya yang melegenda, Rumput Fatimah pun beredar di Negara lain di kawasan Asia termasuk Indonesia di dalamnya. Tumbuhan ini sering dijumpai di penjual obat herbal. Kabarnya salah satu khasiat Rumput Fatimah adalah untuk memudahkan persalinan. Benarkah demikian?

Penelitian Mengenai Rumput Fatimah

Pada tahun 1998, diadakan penelitian yang didasarkan pada obat-obatan tradisional. Penelitian ini menemukan fakta bahwa tanaman rumput Fatimah mengandung senyawa fitokimia yang menyebabkan timbulnya kontraksi pada bagian rahim saat dikonsumsi. Zat yang ada di dalam rumput Fatimah ini mampu membuat pendarahan terjasi sebab ia bekerja dengan cara memecahkan pembuluh darah dan juga stress otot. Lain lagi dengan apa yang ditulis di dalam buku Kesproholic. Masih ditulis oleh seorang peneliti dari Malaysia, ia menemukan fakta bahwa khasiat rumput Fatimah dalam melancarkan persasalinan berasal dari kandungan oksitosinnya. Zat ini sendiri digunakan oleh tubuh untuk merangsang kontraksi rahim sehingga banyak yang percaya bahwa ia ampuh melancarkan persalinan.

Waspadai Rumput Fatimah!


Di pasaran, ada banyak produk jamu yang berbahan utama rumput Fatimah. Produsen jamu tersebut mengklaim bahwa manfaat rumput Fatimah bagi wanita sangat beragam. Adapun khasiat rumput Fatimah (selain melancarkan persalinan) adalah melancarkan proses menstruasi wanita, meningkatkan jumlah hormon kewanitaan atau dikenal dengan nama estrogen, membuat tubuh jadi lebih langsing langsing dan bahkan mengobati penyakit semacam diare. Beragam manfaat ini seolah semakin dikukuhkan dengan cerita turun temurun menyoal khasiat tanaman ini. Bagaiman dunia medis memandangnya?

Jika dikaji dari kaca mata ilmiah, dokter kandungan justru melarang keras wanita mengkonsumsi rumput Fatimah sebab bisa mengakibatkan kontraksi berlebihan pada rahim yang bisa berujung pada menipisnya rahim. Memang, secara ilmiah ia terbukti mengandung senyawa fitokimia yang bisa merangsang kontraksi. Tapi sayangnya kita tak bisa menakar kadar senyawa tersebut sehingga yang banyak muncul justru kontraksi berlebihan yang tak jarang berujung pada kematian bayi bahkan ibu. Selama ini cara mengkonsumsi rumput Fatimah cukup dengan direndam air dan kemudian diminum. Hal ini yang berbahaya bagi keselamatan wanita. Jadi, meski khasiat rumput Fatimah banyak diakui orang-orang, tapi tetap percayakan kesehatan Anda dan bayi dalam perut Anda pada dokter! Jangan pernah berani mengkonsumsi obat tradisional dalam keadaan hamil tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Tetap waspada!

Bukti Beragam Khasiat Rumput Fatimah

Mual di pagi hari memang merupakan keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil muda. Selain bisa menyebabkan selera makan menurun dan mengakibatkan timbulnya gejala maag, mual juga bisa memicu dehidrasi. Dehidrasi yang terjadi terus menerus apa lagi di masa kehamilan awal sangat berisiko menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah serta timbulnya masalah lain.

Obat Mual untuk Ibu Hamil

Menyadari bahwa mual bisa menimbulkan masalah serius bagi pertumbuhan janin, maka penanganan serius terkait masalah mual sepatutnya sudah menjadi prioritas. Konsumsi makanan yang bisa mengobati mual diperlukan untuk meredakan kelesuan yang ibu hamil alami. Namun, makanan apa saja yang bisa menjadi obat mual untuk ibu hamil? Berikut ini adalah beberapa pilihan yang mungkin dapat Anda coba!

Obat Mual untuk Ibu Hamil

1. Jahe

Sudah sejak dulu jahe menjadi pilihan obat mual bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mual saat diperjalanan maupun saat hamil dapat diatasi dengan konsumsi olahan jahe, baik dalam bentuk permen, wedang jahe, atau dalam bentuk seduhan teh jahe hangat. Jika Anda mengalami mual saat pagi di masa kehamilan Anda, gunakan obat herbal ini. Jahe untuk ibu hamil sangat ampuh dan aman dalam mengatasi mual.

Sampai kapan mual dan muntah terjadi pada ibu hamil?
Biasanya mual dan muntah pada ibu hamil berlangsung di 2-3 bulan awal kehamilan.


2. Daun Mint

Obat mual untuk ibu hamil selanjutnya adalah daun mint. Mengunyah daun mint memberi kesegaran ke rongga mulut sehingga bisa meredakan mual. Jika Anda merasa sulit menemukan daun mint, mengunyah permen rasa mint juga bisa cukup efektif meredakan mual Anda.

Obat Mual untuk Ibu Hamil

3. Buah Pisang

Buah pisang sangat kaya akan vitamin B. Karena kandungan tersebut, manfaat buah pisang untuk ibu hamil menjadi sangat banyak. Salah satu manfaat tersebut misalnya sebagai obat mual untuk ibu hamil. Perlu diketahui bahwa pisang terbaik bagi ibu hamil adalah buah pisang kepok dan pisang lilin. Kedua pisang tersebut memiliki rasa masam yang relatif rendah, sehingga tidak menimbulkan maag. Tertarik untuk mencobanya?


4. Kacang

Kurangnya protein juga bisa menyebabkan Anda lekas merasa mual di pagi hari. Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang hijau, dan kacang tanah bisa menjadi pilihan untuk meredakan mual. Obat mual untuk ibu hamil yang satu ini juga sangat baik dikonsumsi terutama di awal kehamilan Anda agar janin cerdas sejak dalam kandungan.

Obat Mual untuk Ibu Hamil

5. Biskuit Cracker

Di Eropa dan Amerika, biskuit cracker sering kali dijadikan obat mual untuk ibu hamil. Saat akan beranjak dari tempat tidur mereka selalu memakan 1-2 keping biskuit cracker untuk pagi yang bebas mual. Kandungan gula dan karbohidrat serta rasa renyahnyalah yang membuat camilan sehat untuk ibu hamil yang satu ini memiliki manfaat tersebut.

Nah, itulah beberapa obat mual untuk ibu hamil yang mungkin dapat Anda coba. Ikuti juga tips-tips meredakan mual di awal kehamilan seperti yang dijelaskan pada artikel ini: http://pantangan-hamil-muda.blogspot.com/2015/06/cara-mengatasi-mual-saat-hamil-muda.html.

Bukti Beragam Khasiat Rumput Fatimah

Trimester Kehamilan
12 3
Pada Kehamilan 11 minggu suami bunda terkejut bercampur kagum dengan perubahan tubuh yang dialami Bunda. Ada hal-hal yang menjadi perhatian kami saat kehamilan  ini terjadi yaitu sakit kepala bunda yang tiada hentinya, rasanya cenut-cenut, sebentar hilang, sebentar kambuh lagi.

Menurut dokter kehamilan yang Bunda datangi, selama masa kehamilan, seorang ibu sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi obat-obatan tanpa sepengetahuan atau resep dokter, padahal diluaran sana banyak sekali obat yang dijual untuk meredakan rasa sakit kepala yang begitu mengganggu aktivitas bunda.

Alternatif yang bunda jalani untuk meredakan sakit kepala ini saat hamil 11 minggu ini  adalah dengan mengkompres dengan handuk dingin, dan olahraga ringan selama kehamilan ternyata sangat ampuh untuk mengatasi sakit kepala ini. Namun ada pengecualian bagi seorang ibu yang mempunyai penyakit migrain, kalo untuk hal ini cobalah konsultasi ke dokter kehamilan, karena bunda sendiri tidak tahu obat yang tepat bagi wanita hamil penderita migrain.

kehamilan usia 11 minggu
Kehamilan 11 minggu
by 3dpregnancy.parentsconnect.com
Menurut buku-buku yang bunda baca, pada kehamilan minggu ke 11 ini Semua organ vital bayi bunda sekarang sudah terbentuk dan berfungsi, sehingga risiko cacat menurun minggu ini karena bayi Anda menjadi rentan terhadap pengaruh luar. Jadi ingat ya bunda... untuk selalu menjaga tubuh selama kehamilan dari pengaruh luar agar janin tidak cacat.







Perkembangan menarik lainnya pada kehamilan 11 minggu ini termasuk:

Dalam sembilan minggu,
berat badan bayi akan meningkat 30 kali  dan panjangnya hampir tiga kali lipat. Telinga bayi telah menempati tempatnya yang layak minggu 11 ini dan tempat tumbuhnya kuku mulai bentuk beserta calon kukunya.

Sementara ini di kehamilan usia 11 minggu testis atau indung telur benar-benar telah  terbentuk, namun jangan mulai mendekorasi ruangan kamar karena bunda dan ayah tidak akan dapat melihat jenis kelamin bayi untuk beberapa minggu kedepan. Bayi sekarang benar-benar telah bergerak. Pada USG bunda dapat melihat sedikit adegan seperti  memukul-mukul lengan nya dan kaki dan melakukan jungkir balik. Bunda mungkin tidak dapat merasakan gerakan apapun, jadi jika bunda merasakan sesuatu "tendangan" di sana, bunda merasakan itu mungkin  seperti ingin buang gas.

Bukti Beragam Khasiat Rumput Fatimah


Bagi seorang calon karyawan wanita, melamar kerja pada saat hamil memang tidaklah mudah. Maklum, sudah bukan rahasia lagi jika banyak perusahaan yang enggan menerima calon karyawan perempuan yang sedang mengandung. Lalu, apakah hal ini berarti tidak ada harapan bagi perempuan yang sedang hamil yang ingin mencari pekerjaan?

Joyce E. Russel, Wakil Dekan di University of Maryland’s Robert H. Smith School of Business dan Direktur di Executive Coaching and Leadership Development Program, menyarankan agar calon karyawan perempuan yang sedang mencari pekerjaan dalam keadaan sedang hamil untuk tidak cepat berputus asa.

Hal ini terutama bagi perempuan yang memiliki bakat dan kemampuan terbilang unik serta spesifik. Jika memiliki bakat dan kemampuan demikian, pasti akan banyak perusahaan yang membutuhkan kehadiran Anda untuk dapat bekerja di perusahaan mereka.

Russel mengutarakan, ada sejumlah hal yang memberatkan bagi perusahaan untuk dapat menerima seorang wanita yang melamar kerja pada saat hamil. Salah satunya ialah jumlah cuti dan hari kerja tak efektif yang akan dilalui oleh karyawan perempuan yang sedang hamil tersebut. Selain itu, ada beberapa kebiasaan dari orang Indonesia, bahwa wanita setelah hamil dan kemudian melahirkan anaknya, maka wanita tersebut akan memutuskan untuk berhenti bekerja dan menjadi sepenuhnya seorang Ibu rumah tangga.

Namun, menurut Russel, sekarang ini sudah banyak perusahaan yang paham dan membutuhkan kemampuan karyawan perempuan yang tidak dimiliki oleh karyawan pria. Kini semakin banyak perusahaan yang telah mencoba untuk ‘melenturkan’ aturan yang berlaku di perusahaan tersebut. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain, mereka mencoba untuk membuat perusahaan mereka menjadi lebih ramah terhadap para karyawan perempuan yang sedang menanti buah hati (sedang hamil).

Rekomendasi Russel untuk para calon karyawan perempuan yang melamar kerja pada saat hamil ialah untuk tetap memprioritaskan rencana terhadap keluarga terlebih dahulu. Selanjutnya, cobalah untuk menyebarkan banyak lamaran ke perusahaan yang memang telah terbukti ‘ramah’ kepada karyawan perempuan yang sedang hamil. Jangan lupa juga untuk menyiapkan mental serta kekuatan fisik untuk menjalani berbagai panggilan wawancara kerja. Sementara itu, Russel menyarankan Anda untuk memperkaya diri dengan pengetahuan dan kemampuan lebih. Hal ini bertujuan agar orang lain bisa melihat kelebihan Anda, dan bukan hanya kehamilan Anda.

Selain itu, seorang wanita yang melamar kerja pada saat hamil, juga perlu untuk menunjukkan komitmennya pada perusahaan selama proses wawancara, dengan mengatakan bahwa Ia akan cuti selama 3 bulan untuk melahirkan, akan tetapi setelah itu Ia akan melanjutkan pekerjaannya. Hal ini akan membuat perusahaan lebih mempertimbangkan untuk dapat menerima Anda sebagai pegawai mereka.



Tips Melamar Kerja Pada Saat Hamil


Walaupun sangat disarankan untuk banyak beristirahat, tetapi banyak Ibu hamil yang tetap pada pendiriannya untuk melamar pekerjaan. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah finansial, masalah keinginan untuk tidak putus berkarier dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa tips bagi seorang wanita yang memutuskan untuk melamar kerja pada saat hamil :
  • Cobalah untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan suami mengenai keinginan Anda untuk bekerja selama hamil. Peran Suami akan sangat penting untuk ikut menjaga kehamilan Ibu, seperti misalnya mengantar ke tempat kerja dan membantu meringankan pekerjaan di rumah setelah selama seharian penuh Ibu bekerja di kantor. Tanyakan pada Suami, sampai sejauh mana Ia bersedia membantu Anda.
  • Komunikasikan dengan dokter kandungan Ibu, mengenai keinginan Ibu untuk bekerja. Apakah Ibu cukup sehat secara medis untuk bekerja selama hamil? Tanyakan juga mengenai jenis pekerjaan yang sebaiknya Ibu hindari (kondisi kehamilan setiap Ibu hamil tentu akan berbeda-beda).
  • Coba carilah informasi mengenai perusahaan tempat Ibu akan melamar kerja. Bayangkan jika Anda diterima bekerja disana. Apakah tempatnya cukup strategis dicapai dengan kondisi Ibu yang sedang hamil? Dengan apakah Anda akan pergi ke kantor? Jika Anda harus pergi ke kantor dengan angkutan umum, cobalah cari informasi apakah tersedia angkutan umum yang ‘ramah’ terhadap kehamilan Anda.
  • Sebelum melamar pekerjaan di suatu perusahaan, alangkah baiknya Anda untuk terlebih dahulu meneliti kebijakan perusahaan tersebut terhadap karyawan yang sedang hamil, khususnya untuk pegawai yang masih baru. Carilah informasi yang terkait dengan, apakah mereka pernah menerima pegawai yang sedang hamil.
  • Carilah informasi seputar posisi pekerjaan yang akan Anda lamar. Apakah posisi tersebut cukup ‘bersahabat’ terhadap kehamilan Anda? Terutama untuk masalah kesehatan kehamilan Anda.
  • Carilah informasi seputar masalah cuti hamil di perusahaan itu. Hal ini sangat penting karena dalam beberapa bulan ke depan Anda akan sangat membutuhkannya.
  • Carilah juga informasi mengenai kebijakan perusahaan tersebut terhadap seorang Ibu yang sedang dalam masa menyusui bayi-nya. Biasanya seorang Ibu yang telah melahirkan anaknya, tentu sangat ingin untuk dapat memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi-nya tersebut.




No comments:

Post a Comment